Galang Gerak Budaya Tapal Kuda di Jember Berlangsung Meriah

JEMBER, Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Jember menggelar Galang Gerak Budaya Tapal Kuda (GGBTK), Minggu malam 19 November 2023.

Malam puncak rangkaian acara kebudayaan ini dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan pada Kemendikbudristek, Hilmar Farid serta tuan rumah, Bupati Jember Hendy Siswanto serta jajaran pejabat Pemkab Jember.

Farid menyampaikan, GGBTK ini merupakan ikhtiar memajukan perekonomian yang diinisiasi Kemendikbudristek bekerja sama dengan pemerintah daerah di wilayah Tapal Kuda, yakni Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

“Galang Gerak Budaya Tapal Kuda ini merupakan upaya pelestarian, pengembangan, pemeliharaan, dan perlindungan Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) di wilayah Tapal Kuda dan Kabupaten Jember khususnya,” kata Farid.

Dalam kesempatan ini juga, Hilmar Farid menyerahkan piagam penghargaan kepada 7 kontingen Kabupaten/Kota Tapalkuda yang terdiri dari Kabupaten Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Hanya saja, Kepala Desa Lojejer mendapat penghargaan dari Kemendikbudristek sebagai Tokoh Pelestari Seni Budaya.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengucapkan selamat datang di Kabupaten Jember kepada Dirjen Kebudayaan beserta jajarannya. Dengan adanya kegiatan ini tentunya membawa berkah bagi Kabupaten Jember.

“Kegiatan ini menginspirasi kami dan juga wilayah Tapal Kuda untuk melestarikan budaya,” ungkap Bupati Hendy.

Bupati Hendy juga memaparkan bahwasannya Kabupaten Jember telah mengadakan kurang lebih 600 acara sebagai wujud strategi konkret untuk terus melestarikan budaya, industri kreatif, dan ekonomi kerakyatan. (ipf)

Related Post

Tinggalkan Komentar

banyuwanginews.com

Merupakan Media Online yang berada di Banyuwangi dengan mengutamakan informasi yang cerdas, Akurat dan berimbang